Kamis, 17 Juli 2014

perkembangan e-banking

Setelah saya membaca tribunnews terdapat berita bahwa ada program baru dari e-banking.

Dengan perkembangnya teknologi, maka terpengaruh bank dalam melayangkan konsumen. Seperti perbankan elektronik yang memanfaatkan teknologi yang ada yaitu transaksi mobile banking yang digunakan sehari bagi nasabah, ada juga perkembangan bank yaitu e-biling yang berguna untuk setor pajak supaya lebih mudah bagi nasabah dalam pembayar pajak tetap waktu.

Jenis-Jenis E-banking

E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan.

Berikut beberapa gambaran umum mengenai jenis-jenis teknologi e-Banking.

1. Automated Teller Machine (ATM) merupakan terminal elektronik yang disediakan lembaga keuangan guna memungkinkan nasabah untuk melakukan penarikan tunai dari rekening simpanannya di bank, melakukan setoran, cek saldo atau pemindahan dana.

2. Computer Banking adalah layanan bank yang bisa diakses oleh nasabah melalui koneksi internet ke pusat data bank, untuk melakukan beberapa layanan perbankan, menerima dan membayar tagihan, dan lain-lain.

3. Debit (or check) Card merupakan kartu yang digunakan pada ATM atau terminal point-of-sale (POS) yang memungkinkan pelanggan memperoleh dana yang langsung didebet (diambil) dari rekening banknya.

4. Direct Deposit adalah salah satu bentuk pembayaran yang dilakukan oleh organisasi/lembaga/perusahaan yang membayar sejumlah dana (misalnya gaji atau pensiun) melalui transfer elektronik. Dana ditransfer langsung ke setiap rekening nasabah.

5. Direct Payment (also electronic bill payment). Merupakan salah satu bentuk pembayaran yang mengizinkan nasabah untuk membayar tagihan melalui transfer dana elektronik.

6. Electronic Bill Presentment and Payment (EBPP) merupakan bentuk pembayaran tagihan yang disampaikan atau diinformasikan ke nasabah atau pelanggan secara online, misalnya melalui email atau catatan dalam rekening bank.
http://www.solopos.com/2011/10/12/inovasi-dan-tantangan-e-banking-menjawab-dinamika-perbankan-119577E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan.Berikut beberapa gambaran umum mengenai jenis-jenis teknologi e-Banking.

1. Automated Teller Machine (ATM) merupakan terminal elektronik yang disediakan lembaga keuangan guna memungkinkan nasabah untuk melakukan penarikan tunai dari rekening simpanannya di bank, melakukan setoran, cek saldo atau pemindahan dana.

2. Computer Banking adalah layanan bank yang bisa diakses oleh nasabah melalui koneksi internet ke pusat data bank, untuk melakukan beberapa layanan perbankan, menerima dan membayar tagihan, dan lain-lain.

3. Debit (or check) Card merupakan kartu yang digunakan pada ATM atau terminal point-of-sale (POS) yang memungkinkan pelanggan memperoleh dana yang langsung didebet (diambil) dari rekening banknya.

4. Direct Deposit adalah salah satu bentuk pembayaran yang dilakukan oleh organisasi/lembaga/perusahaan yang membayar sejumlah dana (misalnya gaji atau pensiun) melalui transfer elektronik. Dana ditransfer langsung ke setiap rekening nasabah.

5. Direct Payment (also electronic bill payment). Merupakan salah satu bentuk pembayaran yang mengizinkan nasabah untuk membayar tagihan melalui transfer dana elektronik.

6. Electronic Bill Presentment and Payment (EBPP) merupakan bentuk pembayaran tagihan yang disampaikan atau diinformasikan ke nasabah atau pelanggan secara online, misalnya melalui email atau catatan dalam rekening bank.

sumber :
http://www.solopos.com/2011/10/12/inovasi-dan-tantangan-e-banking-menjawab-dinamika-perbankan-119577

Sabtu, 05 Juli 2014

KLIRING DAN BANKING

MASYARAKAT LEBIH MENGUNAKAN RTGS DARIPADA KLIRING


Setelah saya baca di suaramerdeka.com mengenai tinggal kliring, masyarakat beralih ke RTGS. Dalam berita ini jelaskan bahwa masyarkat terutama pengusaha lebih memilih real-time gross settlement dibandingkan kliring. Penguasaha mengunakan RTGS karena lebih efsien waktu transaksinya dibandingkan kliring yang waktu transakinya lebih lama. RTGS merupakan proses penyelesaian akhir transaksi di dalam rekening nasabah dari debet meupun kredit berkali dalam sehari-hari. Dalam proses kliring manual maka bank yang bersangkutan harus lapor ke BI dahulu, namun untuk RTGS lebih mudah karena mengunakan teknologi informasi yang cangih.



MENGENAI BANKING DI DALAM MASYARAKAT


Setelah saya baca di sumatera ekspres mengenai alami lonjakan user banking. Dalam e-banking bank masih banyak masyarakat yang belum tau tentang ini terutama masyarakat menegah, dan nasabah yang baru menabung dibank. Untuk itu bank rakyat menggunakan e-banking dalam memudahkan nasabah untuk transaksi. Bank ini juga mengupahkan kepada nasabahnya untuk mengunakan e-banking respon dari nasabah lebih baik, karena banyak nasabah sudah memakai e-banking. Untuk kenyamanan nasabah bank mengupahkan untuk mengingkatkan keamanan dan layanan kepada nasabah. Maka e-banking di bank ini megalami tingkat yang tinggi.