Kamis, 19 Juni 2014

Manajemen Aktiva dan Pasifa Bank

Sumber dana bank adalah usaha bank dalam menghimpun dana dari masyarakat perolehan ini tergantung pada bank itu sendiri, apakah dari simpanan masyarakat atau dari lembaga lainnya. Pemilihan sumber dana akan menentukan besar kecilnya biaya yang ditanggung oleh karena itu pemiliha sumber dana harus dilakukan secara tepat.

- Dana yang bersumber dari Bank itu sendiri adalah dana yang diperoleh dari dana bank, salah satu jenis dana yang bersumber dari bank itu sendriri adalah modal setor dari pemegang saham. Dana sendiri adalah dana yang berasal dari pemegang saham bank atau pemiliki saham.

Adapun pencarian dana yang bersumber dari bank itu sendiri terdiri dari : Setoran modal dari pemegang saham, cadangan laba,laba bank yang belum di bagi.

- Dana yang berasal dari masyarakat luas
simpanan giru merupakan istilah perbankan untuk suatu cara pembayaran yang hampir merupakan kebalikan dari sistem cek.

simpanan tabungan merupakan simpanan yang penariknya hanya dapat dilakukan syarat-syarat tertentu yang disepakati.

simpanan deposito merupakan simpanan yang penariknya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.

-Dana yang bersumber dari lembaga lain

Dalam praktiknya sumber dana ini merupakan tambahan jika bank mengalami kesulitan dalam pencarian sumber dana sendiri dan masyarakat. Dana yang diperoleh dari sumber ini digunakan untuk membiayai atau membayar transaksi-transaksi tertentu.

Perolehan dana dari sumber ini antara lain dapat diperoleh dari:
1. Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), merupakan kredit yang diberikan bank Indonesia kepda bnk-bank yang mengalami kesulitan likuiditas. Kredit likuiditas ini juga diberikan kepada pembiayaan sektor-sektor usaha tertentu.
2. Pinjaman antar bank (Call Money). Biasanya pinjaman ini di berikan kepada bank-bank yang mengalami kalah kliring di dalam lembaga kliring dan tidak mampu untuk membayar kekalahannya. Pinjaman ini bersifat jangka pendek dengan bunga yang relative tinggi jika dibandingkan dengan pinjaman lainnya.
3. Pinjaman dari bank-bank luar negeri. Merupakan pinjaman yang diperoleh oleh perbankan dari pihak luar negeri.
4. Surat berharga pasar uang (SBPU).

Manajemen Penggunaan Dana merupakan dana yang diperoleh sebuah bisnis perbankan perlu dialokasikan dengan tepat.

Alokasi dana pada Primary prioritas utama dalam alokasi dana adalah menempatkan dana untuk memenuhi ketentuan yang ditetapkan Bank Indonesia (sebagai pembina dan pengawas bank).

Alokasi dana pada Secondary priorotas kedua di dalam alokasi dana bank adalah penempatan dana-dana ke dalam noncash liquid asset (aset likuid yang bukan kas) yang dpat memberikan pendapatan kepada nasabah setiap ssaat dapat dijadikan uang tunai tanpa mengakibatkan kerugian pada bank.

Kredit merupakan suatu fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha untuk meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya kembali dalam  jangka waktu yang ditentukan.

Unsur-Unsur Kredit :  Kepercayaan, Kesepakatan, Jangka waktu,Resiko

Investasi jangka panjang merupakan penanaman uang atau modal di suatu proyek atau perusahaan dengan tujuan untuk mencari untung di masa yang akan datang.

Sumber :
http://hrmy.blogspot.com/2012/03/manajemen-aktia-dan-pasiva-bank.html

http://www.academia.edu/5153020/Untuk_makalah_manajemen_aktiva_dan_pasiva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar