Minggu, 15 April 2012

Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi


Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi

PENGERTIAN KOMUNIKASI

Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang berarti sama atau menjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan orang lain, berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain tersebut menjadi miliknya.

Beberapa definisi komunikasi :

1. Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).

2. Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain (Davis, 1981).

3. Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)

Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.

Tujuan komunikasi dalam proses organisasi tidak lain dalam rangka membentuk saling pengertian (mutual undestanding) . Pendek kata agar terjadi penyetaraan dalam kerangka referensi, maupun dalam pengalaman.

DASAR-DASAR KOMUNIKASI
Komunikasi mempunyai dasar-dasar sebagai berikut :

> Niat menyangkut :

Apa yang akan disampaikan

Siapa sasarannya

Apa yang akan dicapai

Kapan akan disampaikan

> Minat, ada dua factor yang mempengaruhi yaitu:

· Faktor obyektif : merupakan rangsang yang kita terima

· Faktor subyektif : merupakan faktor yang menyangkut diri si penerima stimulus

> Pandangan, merupakan makna dari informasi yang disampaikan pada sasaran, menafsirkan informasi yang diterima tergantung pada pendidikan, pekerjaan, pengalaman dan kerangka pikir seseorang.

> Lekat merupakan informasi yang disimpan oleh si penerima.

> Libat merupakan keterlibatan panca indera sebanyak-banyaknya.



Di bawah ini ada beberapa klasifikasi komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari beberapa segi :


1.Dari segi sifatnya :

a. Komunikasi Lisan
è komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara
cth: ngobrol, presentasi
b. Komunukasi Tertulis
è komunikasi melalui tulisan
Cth: sms, email ,
c. Komunikasi Verbal
è komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan
cth: ngobrol, curhat
d. Komunikasi Non Verbal
èkomunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat)
cth: orang yang grogi gemetar tubuhnya

2. Dari segi arahnya :

a. Komunikasi Ke atas
è komunikasi dari bawahan ke atasan

b. Komunikasi Ke bawah
è komunikasi dari atasan ke bawahan

c. Komunikasi Horizontal
è komunikasi ke sesama manusia / setingkat

d. Komunikasi Satu Arah
è pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)

e. Komunikasi Dua Arah
èberbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi


3. Menurut Lawannya :

a. Komunikasi Satu Lawan Satu
è berbicara dengan lawan bicaras yang sama
banyaknya cth:berbicara melalui telepon

b. Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)
è berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok. Cth: introgasi maling dengan kelompok hansip

c. Kelompok Lawan Kelompok
è berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain. Cth: debat partai politik.


4.Menurut Keresmiannya :

a. Komunikasi Formal
è komunikasi yang berlangsung resmi.cth: rapat pemegang saham.
b. Komunikasi Informal
èkomunikasi yang tidak resmi, cth : berbicara antara teman.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar